Maen PS2 di PC


Bagi yang mau maenin game PS2 di PC di dibutuhkan sistem atau spesifikasi PC yang bertenaga pula. Perlu diingat, proses emulasi dari konsol ke PC dibutuhkan resource yang besar, maka untuk mendapatkan hasil yang cukup maksimal saya menyarankan untuk menutup program selain program emulator PS2. Selain daripada itu, ada beberapa game yang Belum bisa dimainkan oleh emulator ini, karena seperti yang saya sebutkan sebelumnya karena proses emulasi dari konsol PS ke PC bukanlah hal yang mudah.
Standard dari game PS2 bisa dibilang berjalan mulus bisa dilihat dari fps yang tertera di program emulatornya yaitu antara 50 s/d 60 fps. Untuk mengetahui game PS2 yang rekan punyai bisa dimainkan di emulator atau tidak, bisa dilihat disini. Playable artinya bisa dimainkan sampai tamat, ingame artinya bisa dimainkan tetapi ada beberapa error yang terjadi ketika memainkan game tersebut, menus artinya cuma bisa dimainkan sampai menu utama game, intro artinya cuma bisa dimainkan sampai intro game saja, dan nothing artinya tidak bisa dimainkan sama sekali.
Minimal Spesifikasi Komputer yang dibutuhkan yaitu :

  1. Processor : 2.0 Ghz (dual core lebih baik)
  2. RAM : 1 GB
  3. VGA 256 MB
  4. HDD 60 MB untuk emulatornya
Adapun program yang dibutuhkan adalah PCSX2 yang bisa didownload di situs resminya disini.
Berikut langkah penggunaanya :
  1. Setelah program PCSX2 sudah didownload, extrack ke folder manapun.
    Catatan : Kalau rekan download dari versi standard PCSX maka tinggal install, kalau versi SVN maka tinggal extract.
  2. jalankan PCSX2.exe
  3. klik config, plugin / BIOS selector
  4. klik tab plugins
  5. Pada bagian GS klik configure.

    beri tanda centang pada alpha correction (FBA), ini akan menambah fps / sedikit mempengaruhi performa permainan menjadi lebih baik tapi berimbas pada kualitas grafik menjadi ngeblur. setelah selesai klik OK
  6. pada pilihan PAD saya menganjurkan menggunakan LilyPad, kemudian klik configure

    configurasikan sesuai kesukaan rekan konfigurasi dari setiap tombol. akan lebih mudah kalau rekan menggunakan Joystick. setelah selesai, klik OK.
  7. pada bagian CDVD, Pilih CDVDgigaherz kemudian klik configure. Pilih drive DVD-ROM rekan misalkan F: kemudian klik OK.
  8. klik tab BIOS
  9. pilih BIOS yang mau digunakan.

    Catatan : Kalau pada step ini tidak ada pilihannya, berarti rekan belum mempunyai BIOS dari PS2-nya. Perlu diperhatikan, saya disini tidak akan memberikan BIOS kepada rekan karena hal ini merupakan tindakan ilegal, untuk mendapatkan BIOS, silahkan rekan search di google saja :D
    setelah BIOS dipilih, klik OK.
  10. Pilih CDVD kemudian beri tanda centang pada pilihan plugin kalau belum.
  11. Masukkan DVD game rekan kedalam DVD-ROM
  12. klik system kemudian Boot CDVD (fast)

    Catatan : beda dari Boot CDVD (fast) dan Boot CDVD (full) adalah pada tampilan awal ketika memainkan game, Boot CDVD (full) akan menampilkan logo Playstation 2, sedangkan Boot CDVD (fast) tidak.
  13. Selamat, rekan sudah memainkan game PS2 di PC rekan sekalian

Comments